Lingkungan

9 Tips Merawat Baterai Mobil Listrikmu Biar Makin Awet

57
×

9 Tips Merawat Baterai Mobil Listrikmu Biar Makin Awet

Share this article
mobil listrik
Ilustrasi baterai mobil listrik/Photo by Kindel Media: https://www.pexels.com/photo/traffic-industry-charging-car-9800009/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Buat kamu yang punya kendaraan keren berbasis listrik, tentu baterai adalah salah satu hal paling penting yang perlu banget dijaga dengan baik. Soalnya, baterai yang terawat dengan baik akan membuat mobil listrikmu tetap optimal dan awet, jadi bisa nemenin aktivitas sehari-hari dengan oke punya! Nah, kali ini kita bakal bahas tips-tips merawat baterai mobil listrik yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak!

  1. Jangan Biarkan Baterai Kosong Total

Jangan pernah sampein baterai mobil listrikmu kosong total, ya! Biar gak sering rusak dan umurnya lebih panjang, usahakan selalu nge-charge baterai saat dayanya tinggal sekitar 20-30%. Kalau sampeinnya kosong total, nanti baterainya bisa jadi bermasalah dan nggak bisa dipakai lama-lama.

  1. Gak Perlu Kehabisan Tenaga, Nih Tipsnya!

Kalau biasanya kamu nunggu mobil listrikmu kehabisan tenaga baru deh nge-charge, sekarang lebih baik gak usah dibiarkan sampe itu. Cobain deh, kalau dayanya tinggal 20-30% langsung aja nge-charge. Dijamin, baterai lebih happy dan awet!

  1. Charge di Waktu yang Tepat

Biasanya, waktu yang paling tepat buat charge baterai mobil listrik adalah di malam hari. Selain listrik pada malam hari biasanya lebih stabil, kamu juga bisa lebih santai karena nggak ada aktivitas lain yang mengganggu. Jadi, baterai mobil listrikmu bakal terisi dengan baik dan siap menghadapi aktivitas seru di pagi harinya!

  1. Jangan Terlalu Lama Nge-Charge

Jangan lupa, kalau nge-charge terlalu lama juga nggak bagus buat baterai. Setelah baterai mencapai 100%, segera cabut charger biar baterai nggak overcharged. Kalau dibiarkan terlalu lama, bisa bikin baterai jadi bermasalah, loh!

  1. Nggak Perlu Diisi Terus-Menerus

Kalau baterai udah penuh, nggak perlu terus-menerus diisi, lho! Jangan takut baterai cepet habis karena gak diisi terus. Selama baterai sudah penuh dan dalam kondisi normal, kamu bisa pake mobil listrikmu dengan tenang.

  1. Perhatikan Suhu Saat Nge-Charge

Bukan cuma kamu yang butuh nyaman, baterai mobil listrik juga! Nah, saat nge-charge, pastikan baterai dalam kondisi suhu yang normal ya. Hindari nge-charge di suhu ekstrem seperti terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu yang pas antara 10-30 derajat Celsius bakal bikin baterai tetap senang.

  1. Cek Kualitas Charger

Charger juga punya peran penting dalam merawat baterai mobil listrik, jadi pastikan charger yang kamu pakai berkualitas. Charger yang bagus bakal ngatur daya dan tegangan dengan baik, jadi baterai pun gak mudah rusak. Jangan asal-asalan pilih charger, ya!

  1. Selalu Update Software

Yup, selain menjaga kondisi fisik baterai, jangan lupa juga update software mobil listrikmu secara rutin. Software terbaru bakal memperbaiki bug dan masalah lainnya, termasuk yang terkait baterai. Jadi, mobil listrikmu bakal makin oke dan performanya tetap mantap!

  1. Jaga Kebersihan Terminal Baterai

Terakhir, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan terminal baterai. Pastikan terminalnya bebas dari kotoran dan oksidasi, karena hal ini bisa mempengaruhi performa baterai. Kalau perlu, lakukan pembersihan secara rutin dengan cara yang tepat.

Baca Juga  Mobil Hidrogen: Menuju Masa Depan Bersih

Nah, itulah dia beberapa tips simpel untuk merawat baterai mobil listrikmu. Selalu jaga baterai dengan baik, biar mobil listrikmu selalu siap untuk menemanimu berpetualang dan menjelajah kota tanpa khawatir kehabisan tenaga! Semoga bermanfaat dan selamat menikmati keasyikan berkendara dengan mobil listrikmu!

banner 325x300