Kesehatan

7 Menu Bawang Putih yang Penuh Khasiat Menjaga Kesehatan

226
×

7 Menu Bawang Putih yang Penuh Khasiat Menjaga Kesehatan

Share this article
bawang putih
Ilustrasi bawang putih/Photo by Nick Collins: https://www.pexels.com/photo/garlic-bulbs-on-brown-surface-1392585/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Bawang putih, siapa yang gak kenal sama bahan dapur yang satu ini? Kalo di dunia kuliner, bawang putih emang sering banget dipake buat ngasih cita rasa lezat pada masakan. Tapi tau gak, bawang putih juga punya manfaat luar biasa buat kesehatan kita, terutama dalam mencegah penyakit jantung. Wah, seriusan nih? Yap, bener banget!

Kita semua tahu bahwa jantung adalah organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Dia bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, mengedarkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Tapi, gaya hidup yang kurang sehat seperti makan makanan yang berlemak tinggi, kurang berolahraga, dan stres, bisa bikin kesehatan jantung kita terancam.

Nah, bawang putih ini adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu melindungi jantung kita dari risiko penyakit. So, nggak ada salahnya nih buat kita bahas lebih lanjut tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan jantung dan cara kita bisa menikmati manfaatnya dalam makanan sehari-hari.

Apa Sih yang Bikin Bawang Putih Sehat untuk Jantung?

Dibalik cita rasanya yang tajam, bawang putih menyimpan banyak kandungan nutrisi yang baik buat kesehatan jantung kita. Salah satu kandungan utamanya adalah allicin, senyawa belerang yang memberikan bawang putih baunya yang khas. Allicin ini punya efek anti-inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat buat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Kalo kita rajin mengonsumsi bawang putih, allicin ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Dengan begitu, risiko kita terkena penyakit jantung seperti hipertensi dan aterosklerosis bisa berkurang.

Baca Juga  Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli, Yuk Bersama Melawan Hepatitis!

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Bawang Putih

Tentu aja, manfaat bawang putih buat jantung ini nggak bakal berasa kalo kita cuma makan bawang putih langsung. Nah, biar manfaatnya maksimal, kita bisa menyantap bawang putih dalam hidangan sehari-hari dengan berbagai cara. Ini beberapa tips dan triknya:

  1. Bawang Putih Goreng

Suka makan nasi atau mie goreng? Nah, kamu bisa banget menambahkan bawang putih goreng sebagai topping. Cara buatnya juga gampang, tinggal iris bawang putih tipis-tipis lalu digoreng sampai kecoklatan dan renyah. Selain menambah cita rasa, bawang putih goreng juga bisa bikin makanan makin enak!

  1. Buat Bumbu Sate atau Sambal Bawang

Kalo kamu suka makan sate atau sambal bawang, nggak ada salahnya nih buat mencoba buat sendiri di rumah. Cincang halus bawang putih, tumis sebentar, lalu campur dengan bumbu lainnya sesuai selera. Hasilnya? Sate atau sambal bawang yang enak, sehat, dan bisa bikin kamu ketagihan!

  1. Tumis Sayuran dengan Bawang Putih

Tumis sayuran memang selalu jadi pilihan yang baik buat menu sehat. Nah, buat menambahkan rasa lezat dan manfaat ekstra buat jantung, tambahkan bawang putih cincang ke dalam tumisan sayuran. Bisa kamu coba tumis brokoli, wortel, buncis, atau sayuran favorit lainnya. Asik banget kan?

  1. Bawang Putih dalam Sup

Sup adalah hidangan yang bisa bikin perut kenyang dan hangat di perut. Nah, tambahkan bawang putih cincang ke dalam sup sayuran, sup ayam, atau sup kesukaanmu. Bawang putih akan memberikan sentuhan nikmat yang beda pada supmu.

  1. Bawang Putih sebagai Bumbu Tumis Daging atau Ayam

Selain tumis sayuran, bawang putih juga pas banget buat jadi bumbu saat kita ingin menumis daging atau ayam. Cincang halus bawang putih lalu tumis dengan daging atau ayam hingga matang. Hasilnya, daging atau ayam akan terasa lebih lezat dengan aroma bawang putih yang menggoda selera.

  1. Kuah Bawang Putih untuk Pasta atau Mie

Buat kamu yang suka masak pasta atau mie, coba deh buat kuah bawang putih sebagai sausnya. Campurkan bawang putih cincang dengan susu, mentega, dan parmesan, aduk hingga rata. Tuangkan kuah bawang putih ini di atas pasta atau mie rebus, dan hidanganmu siap dinikmati!

  1. Bawang Putih sebagai Bahan Salad

Salad memang identik dengan makanan sehat. Nah, tambahkan bawang putih cincang sebagai salah satu bahan dalam saladmu. Rasanya yang tajam akan memberikan sensasi unik pada salad buah atau sayur yang kamu buat.

Baca Juga  Stroberi: Buah Segar yang Lezat dan Sehat

Nah, itu dia beberapa ide untuk menikmati manfaat bawang putih dalam hidangan sehari-hari. Jadi, gak ada alasan lagi buat nggak mengonsumsi bawang putih ya! Ingat, konsumsi bawang putih ini sebaiknya sesuai dengan kebutuhan tubuh dan jangan berlebihan. Selamat mencoba!

banner 325x300