Lingkungan

6 Macam Iklim di Dunia Dari Gurun Hingga Kutub

207
×

6 Macam Iklim di Dunia Dari Gurun Hingga Kutub

Share this article
tropis
Ilustrasi iklim tropis/Photo by xaviershanley: https://www.pexels.com/photo/palm-trees-1625878/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Iklim adalah pola cuaca yang berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama di suatu wilayah. Beragam iklim di dunia dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk lintang, topografi, dan kedekatan dengan lautan. Artikel ini akan menjelaskan beberapa macam-macam iklim di dunia.

  1. Iklim Tropis

Iklim tropis terjadi di daerah yang berada di sekitar khatulistiwa. Ciri-ciri iklim ini adalah suhu yang tinggi sepanjang tahun dan curah hujan yang melimpah. Hutan hujan tropis dan savana adalah ekosistem yang umum di daerah ini.

  1. Iklim Gurun

Iklim gurun adalah iklim yang sangat panas dan kering. Daerah dengan iklim gurun memiliki curah hujan yang sangat rendah dan suhu yang sangat ekstrem. Gurun Sahara di Afrika dan Gurun Atacama di Amerika Selatan adalah contoh iklim ini.

  1. Iklim Sedang

Iklim sedang adalah iklim yang umumnya ditemukan di wilayah beriklim empat musim. Terdapat perubahan suhu yang jelas antara musim panas dan musim dingin. Daerah dengan iklim sedang mencakup sebagian besar Amerika Utara dan Eropa.

  1. Iklim Lautan

Iklim laut atau iklim maritim terjadi di wilayah yang dekat dengan lautan atau laut. Iklim ini cenderung lembap dan memiliki perubahan suhu yang kurang ekstrem. Pesisir barat Amerika Utara dan Eropa merupakan contoh iklim ini.

  1. Iklim Kutub

Iklim kutub ditemukan di daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan. Ciri-ciri iklim ini adalah suhu yang sangat dingin sepanjang tahun, curah hujan yang rendah, dan lapisan es permanen. Ini adalah salah satu iklim yang paling ekstrem di dunia.

  1. Iklim Highland

Iklim pegunungan atau iklim highland terjadi di wilayah dengan topografi bergelombang atau berbukit. Suhu di daerah ini cenderung lebih dingin dibandingkan daerah sekitarnya. Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Andes adalah contoh wilayah dengan iklim highland.

Baca Juga  Menyusuri Keindahan Taman Nasional Gunung Leuser: Petualangan Alam Sumatra

Setiap iklim memiliki dampak yang signifikan pada ekosistem dan kehidupan manusia di wilayah tersebut. Memahami perbedaan iklim ini dapat membantu dalam perencanaan dan adaptasi terhadap perubahan cuaca dan lingkungan.

banner 325x300