Politik

2.464 Personel Gabungan Polri Amankan Debat Cawapres 2024

125
×

2.464 Personel Gabungan Polri Amankan Debat Cawapres 2024

Share this article
Tiga Capres 2024. Foto: Ist
Tiga Capres 2024. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Polisi siap mengamankan ring dalam maupun luar area Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat saat pelaksanaan debat perdana calon wakil presiden (cawapres) pada pukul 19.00 WIB.

“Kami jaga ring dalam maupun luar dengan menyiapkan personel keamanan di masing-masing sektor dari area pintu masuk menuju Gedung JCC sampai di dalam Gedung JCC,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Dalam pengamanan tersebut, Susatyo menyebut terdapat 2.464 personel gabungan untuk mengamankan debat Cawapres 2024 nanti.

“Jumlah personel gabungan yang akan mengawal pelaksanaan debat cawapres perdana berjumlah 2.464 personel Polri dan belum termasuk gabungan dari TNI serta pihak pemangku kepentingan terkait,” ujar Susatyo.

Dari awal tahapan Pemilu 2024 sampai berakhirnya pemilu nanti, kata Susatyo pihaknya selalu siap mengamankan agar semua kegiatan dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

Baca Juga  Ketua Komisi I DPR RI: Prabowo Layak Dapat Jenderal Kehormatan dari Presiden RI

Terkait rekayasa lalu lintas, saat ini belum diberlakukan dan masih normal karena lokasi debat ada di dalam area Gelora Bung Karno (GBK). Kemudian, pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitaran GBK dengan melihat perkembangan dan situasi di lapangan.

Rekayasa Lalu Lintas

Sehingga rekayasa lalu lintas bersifat situasional. Seandainya nanti lalu lintas mulai tidak bergerak, pihaknya baru mulai memberlakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Iya, jadi kami siapkan rekayasa lalu lintas yang sifatnya situasional di lapangan,” ucap Susatyo.

Lebih lanjut, Susatyo menekankan kepada seluruh anggota yang terlibat pengamanan untuk selalu profesional dan humanis dalam menjalankan tugas.

Susatyo juga mengimbau kepada para pengikut partai, pendukung, ataupun tamu undangan yang mengikuti prosesi debat cawapres untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban.

Baca Juga  Prabowo Akan Temui Kalangan Ulama di Jabar dan Banten Sabtu 2 Desember

“Semoga kegiatan hari ini debat cawapres berjalan dengan lancar dan tertib,” ujar Susatyo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat kedua capres-cawapres Pemilu 2024, yang diikuti oleh tiga cawapres, di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat, mulai pukul 19.00 WIB. Debat kali ini merupakan debat perdana bagi calon wakil presiden.

Tema debat cawapres kali ini adalah ekonomi, yang menyangkut ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital; keuangan; investasi pajak; perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD; infrastruktur; dan perkotaan.

Debat cawapres pertama itu akan dipandu oleh dua moderator, yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa. Terdapat 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres. (ANTARA)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300