Nasional

154 Imigran Rohingya Mendarat di Aceh Timur Desember 2023

44
×

154 Imigran Rohingya Mendarat di Aceh Timur Desember 2023

Share this article
Pengungsi Rohingya di salah satu pantai Aceh, belum lama ini. Foto: Ist
Pengungsi Rohingya di salah satu pantai Aceh, belum lama ini. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, mencatat sebanyak 154 orang imigran Rohingya yang mendarat beberapa waktu lalu, hingga kini masih ditampung pada dua titik lokasi di daerah tersebut.

“Ada dua titik penampungan imigran tersebut, yakni di Gedung Idi Sport Center dan di Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya. Jumlah imigran Rohingya yang masih ditampung di Aceh Timur sebanyak 154 orang,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Timur Iskandar di Aceh Timur, Selasa (27/1/2024).

Jumlah Imigran Rohingya di Gedung Idi Sport Center kini tinggal 17 orang. Imigran yang ditampung di tempat tersebut adalah mereka yang diturunkan dari kapal di kawasan pantai Desa Seuneubok Baroh, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, pada 14 Desember 2023 sekira pukul 03.45 WIB.

Baca Juga  Eksplorasi 6 Wisata Alam dan Budaya Aceh yang Menakjubkan

Mereka sebelumnya berjumlah 50 orang, namun di antara mereka ada yang berkewarganegaraan Bangladesh. Imigran warga negara Bangladesh kini sudah dibawa ke Kantor Imigrasi Langsa untuk selanjutnya dideportasi.

“Awalnya mereka ada 50 orang, sebagian di antaranya ada imigran Bangladesh. Imigran Bangladesh sudah dipindahkan untuk dideportasi ke negara asal,” kata Iskandar, seperti dilansir dari Antara.

Menempati Tenda Darurat

Sedangkan di Kuala Parek, kata Iskandar, ada sebanyak 137 orang imigran. Mereka menempati tenda darurat dan hingga kini belum bisa dipastikan sampai kapan akan dipindahkan.

Sebelumnya, sebanyak 137 imigran Rohingya mendarat di Pantai Kuala Parek, Kamis (1/2), sekira pukul 04.00 WIB. Seratusan imigran Rohingya tersebut terdiri atas 40 orang laki-laki dewasa, 47 orang perempuan dewasa, 23 anak perempuan, dan 27 anak laki-laki.

Baca Juga  Kata Christina Aryani Soal Warga Aceh Tolak Pengungsi Rohingya

Iskandar mendesak lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa Urusan Pengungsi (United Nations High Commissioner for Refugees/UNHCR) segera merelokasi imigran Rohingya tersebut, terutama yang ditampung di Gedung Idi Sport Center (ISC).

“Relokasi segera seban gedung tersebut akan digunakan untuk Pekan Olahraga Pelajar Daerah Tingkat Provinsi Aceh. Jika tidak direlokasi bisa menghambat pesta olahraga pelajar tersebut,” kata Iskandar.

Desakan serupa juga disampaikan Sekretaris Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Aceh Timur Rizalihadi.

Ia mendesak imigran tersebut segera direlokasi, terutama yang ditampung di Gedung ISC.

“Kami berharap imigran yang ditampung Gedung ISC segera dipindahkan karena akan ada pekan olahraga pelajar. Sebaiknya mereka disatukan dengan yang di Kuala Parek sehingga penanganannya lebih mudah,” kata Rizalihadi.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300