Nasional

1.084 Praja Utama IPDN Praktik Lapangan ke Daerah Asal Pendaftaran

35
×

1.084 Praja Utama IPDN Praktik Lapangan ke Daerah Asal Pendaftaran

Share this article
Ilustrasi IPDN. Foto: Ist
Ilustrasi IPDN. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menyebarkan 1.084 Praja Utama untuk mengikuti kegiatan praktik lapangan guna memperkuat kemampuan praktis dan teori praja dalam rangka pengabdian ke daerah asal pendaftaran mereka yang tersebar di 38 provinsi seluruh Indonesia.

“Praktik lapangan adalah sarana untuk melatih praja dalam mengenal, memahami, dan melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai dengan program studinya masing-masing,” kata Rektor IPDN Hadi Prabowo saat membuka kegiatan Praktik Lapangan IV bagi Satuan Praja Utama Angkatan XXXI di Kampus IPDN Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Selasa (23/1/2024).

Ia mengatakan, kegiatan Praktik Lapangan IV tahun 2023 itu terdiri atas 362 praja putri, dan 722 praja putra yang siap ditempatkan di 341 perangkat daerah tersebar di 38 provinsi yang berlangsung mulai 23 Januari sampai 21 Februari 2024 dengan tema “Melalui Praktik Lapangan IV, Kita Tingkatkan Kompetensi Praja Dalam Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang Adaptif, Profesional, Proaktif, dan Inovatif dalam Memperkuat Penyelenggaraan Pemerintahan Dalam Negeri”.

Baca Juga  Misbakhun Berharap Telaahan BAKN pada PNM Tingkatkan Kinerja BUMN

Tema itu, lanjutnya, memiliki tujuan untuk memperkuat kemampuan praja dalam mengaplikasikan tiga praktik penyelenggaraan pemerintahan daerah yang selaras dengan visi Kementerian Dalam Negeri tahun 2020-2024.

Hadi mengatakan, sebagai pendidikan vokasi maka praja IPDN lebih ditekankan pada keahlian praktis dan didukung dengan penguasaan teori yang relevan dan bermanfaat dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Selain itu, praktik lapangan tersebut bermanfaat sebagai tempat menyempurnakan kemampuan teknis pemerintahan bagi Praja Utama IPDN sebelum nanti ditugaskan ke pemerintah daerah dan instansi pusat setelah selesai menjalani pendidikan di IPDN.

Kegiatan Praktik Lapangan

Hadi secara daring dalam pembukaan tersebut menyampaikan terima kasih kepada gubernur dan pimpinan perangkat daerah di 38 provinsi yang sudah berkenan memfasilitasi praja untuk melaksanakan kegiatan praktik lapangan.

Baca Juga  Menpora Dito Kejar Perbaikan Cabor Tenis Meja lndonesia

“Kami harapkan bapak ibu tidak segan untuk memberikan saran dan nasihat bagi praja,” kata Hadi, seperti dilansir dari Antara.

Ia mengimbau seluruh praja yang menjalankan program praktik lapangan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, proaktif, disiplin, dan peka terhadap lingkungan selama melaksanakan tugas di lapangan.

Hadi juga mengingatkan seluruh dosen pembimbing dapat mengarahkan praja agar mempunyai fokus yang konkret, selain itu harus membantu praja dalam menyelesaikan masalah substantif yang dihadapi praja selama melaksanakan Praktik Lapangan IV.

“Saya berharap para praja bersungguh-sungguh selama praktik lapangan karena bahan dalam praktik lapangan akan digunakan ketika menyusun laporan akhir,” katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300